media pembelajaran

tentang membuat pembelajaran.

Selasa, 17 Januari 2012

Tips Merawat Laptop Toshiba


Beberapa tahun yang lalu kami membeli laptop dengan merek Toshiba. Ada beberapa hal yang berbeda dalam cara kami memakai laptop tersebut. Saya salah satu yang sebenarnya masih awan dengan masalah perawatan laptop. Maka saya hanya mengandalkan kemampuan saya yang terbatas untuk mengotak atik program yang sudah diinstal dalam laptop saya. Saya juga coba bertanya dengan kawan yang saya anggap mampu dalam urusan komputer. Tetapi dengan alasan tertentu , maka jawaban yang saya dapat tidak terlalu memuaskan, karena memang kawan saya tidak terlalu hobi untuk berbagi ilmu dan tips. Akhirnya saya hanya mencari dari berbagai sumber yang ada di berbagai situs di internet.
 Setelah  tiga tahun berlalu, maka ada perbedaan yang kami dapatkan. Diantara kami hanya laptop milik saya yang masih baik kondisinya. Sementara laptop milik kawan saya yang lain bermasalah semua. Ada yang bermasalah dengan charging batrenya, ada yang bermasalah dengan powernya yang tidak bisa hidup hingga laptop yang mati total pada memorinya. Dan alkhamdulillah saya tidak mengalami masalah dalam laptop saya. Baik dari fisik maupun program yang ada. setelah saya bertanya dan mencari informasi tentang kerusakan yang terjadi, maka saya punya beberapa tips yang bisa diterapkan untuk merawat laptop Toshiba :

1. Jangan menggunakan laptop secara terus menerus tanpa henti sepanjang hari.Matikanlah secara teratur setiap tiga jam selama lima belas sampai dua puluh menit. Hal ini penting untuk mendinginkan laptop kita. Setelah itu boleh dihidupkan kembali.
2.     Hindari menempatkan laptop di tempat yang sempit dan tidak memiliki ruang udara yang baik. Tempatkan laptop pada tempat yang terbuka yang memiliki perputaran udara yang baik. Sehingga laptop tidak mudah panas. Jika tidak menggunakan pendingin laptop maka bisa gunakan kipas angin.
3.     Hindari untuk membawa buku yang tebal dalam tas laptop secara bersamaan. Hal ini dapat menyebabkan laptop terhimpit dan meyebabkan kerusakan dibagian luar bahkan mempengaruhi kondisi mesin laptop. Usahakan hanya kertas ringan yang ada pada tas laptop.
4.     Selalu up date program laptop kita. Hal ini untuk menjaga dan menghindari kerusakan seperti virus serta program yang terbaru yang jauh lebih kecil dan ringan pada prosesor. Seperti program windows , office atau software yang disediakan Toshiba sendiri.
5.     Tidak ada masalah ketika kita mengupgrade windows kita. Misalnya ketika windows bawaan kita menggunakan xp atau vista kemudian kita upgrade ke windows 7, yang penting kita lihat kapasitas memori yang ada. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa memori yang tersedia masih cukup sehingga progaram tidak lambat nantinya. Hanya mungkin ketika anda menggunakan windows 7 maka ada sedikit masalah dengan charging laptop anda. Karena charger batre anda kadang tidak berfungsi sehingga muncul pesan silang merah " consider to replace your battery". 
6.     Usakan untuk selalu terhubung dengan internet. Hal ini untuk memudahkan kita menyelesaikan masalah dengan tidak perlu mengeluarkan biaya mahal.
7.     Scan lah laptop anda secara berkala. Memang kadang membutuhkan waktu, tetapi ini sangat berguna untuk menjaga virus saat anda terkoneksi dengan internet. Apalagi kalau laptop sering kemasukan USB flash.
8.     Bagi anda yang menguasai bahasa Inggris maka bukalah program help yang ada pada windows untuk bertanya atau mencari tips.
9.     Jangan pelit pelit untuk berbagi ilmu.
Moga tips ini bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons