media pembelajaran

tentang membuat pembelajaran.

Selasa, 24 Januari 2012

Pelajaran Dari Serangga di Jendela Rumah Kita

Pernahkah kita perhatikan serangga yang terjebak di kaca jendela rumah kita. Mungkin bagi mereka yang tidak mau perduli tidak akan berpikir apa-apa. Tapi cobalah kawan renungkan kejadian ini.
Serangga yang terjebak dalam jendela kaca biasanya akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat terus maju dan keluar dari kaca tersebut. Dia akan maju dan maju dan tidak pernah mundur apalagi berbalik arah. Hingga akhirnya tak sedikit yang mati terjebak dalam kaca jendela tersebut.
Anda coba pikirkan seandainya serangga tersebut mau berputar arah mungkin 45 derajat atau 90 derajat hingga 180 derajat, maka saya yakin dia bisa terlepas dari jebakan kaca jendela tersebut. Ketika ia berbalik arah maka ia akan menghadap ke sisi yang tidak ada penghalangnya. Setelah itu ia bisa terbang keluar melalui tempat yang berbeda. 
Apa sih pelajaran yang bisa kita ambil?. Kawan ada pelajaran yang hebat sekali bahkan luar biasa kalau kita mau mengambil hikmahnya. Dan barangkali ini terjadi dalam kehidupan kita.

  1. Ketika kita menginginkan kesuksesan, maka kita akan bekerja keras untuk meraihnya. Terkadang ketika kita belum sukses maka kita akan semakin keras untuk berusaha. Sayangnya kita jarang menggunakan cara atau jalan yang berbeda. kita masih menggunakan cara yang sama. Sama seperti serangga tadi yang tetap maju untuk menerobos kaca jendela. Cobalah cara yang berbeda, gunakan cara atau metode yang 45 sampai 180 derajat berbeda. Anda seorang mahasiswa, kemudian ingin berhasil nilainya maka anda tidak cukup hanya menjadi mahasiswa saja. Dengan hanya mendengar dan mengerjakan tugas dosen. Cobalah untuk berbalik cara. Mintalah kepada dosen untuk memberikan anda kesempatan menerangkan  materi yang akan diajarkan, dan anda persilahkan sang dosen  duduk manis saja tapi tetap memonitor anda.tentu anda harus belajar untuk menguasai materi. saya yakin anda akan mendapat nilai yang bagus.
  2. Lihatlah sekeliling kita. Ada banyak orang yang sukses yang merubah cara langkah mereka dalam meraih sukses. Dan semua itu tidak bergantung pada modal besar, tetapi keberanian dan keyakinan untuk melakukan langkah yang berbeda. Maka ketika menjadi petani kita kurang sukses, kenapa tidak menjadi pedagang yang menjual hasil petani.
Dan banyak contoh pekerjaan yang bisa kita coba. Ingat cobalah teori serangga yang terjebak tadi. Putarlah cara kita, Gunakan cara yang berbeda dan yakinlah apa yang anda inginkan tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons